Sunday 28 September 2014

Ilmu Sosial Dasar


Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu Sosial Dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaruan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu-ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu-ilmu social dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Fungsi Ilmu Sosial Dasar
Fungsi Ilmu Sosial Dasar ialah membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya:
1.       Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan
2.       Masalah individu, keluarga dan masyarakat
3.       Masalah pemuda dan sosialisasi
4.       Masalah hubungan antara warga negara dan negara
5.       Masalah pelapisan social dan kesamaan derajat
6.       Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan
7.       Masalah pertentangan-pertentangan social dan integrasi
8.       Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat







Hakikat Ilmu Sosial Dasar Dalam Kehidupan Mahasiswa
Dengan mempelajari Ilmu Sosial Dasar (ISD) maka akan menyadarkan mahasiswa dan masyarakat agar peduli kepada masalah-masalah social dan mampu memecahkan masalah itu sendiri, namun sebelumnya ada hal-hal yang harus dilakukan agar terlaksana dan tercapai tujuan ilmu social dasar. Hal-hal yang harus dilakukan yaitu:
1.       Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
2.       Takwa terhadap Tuhan YME, bersikap sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
3.       Memiliki wawasan yang komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi kehidupan social.
4.       Memiliki wawasan dan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan mampu berperan serta.
Jika masyarakat dan mahasiswa telah melaksanakan hal-hal diatas, maka mereka akan menjeadi masyarakat yang sosial. Ilmu social dasar bertujuan agar masyarakat Indonesia berjiwa sosial, maka telah jelas ruang lingkup ISD memiliki ruang lingkup yang sangat luas karena ilmu sosial dasar mempelajari ilmu yang menjadikan masyarakat bersosial diseluruh Indonesia maupun diseluruh dunia. Jadi ilmu ini wajib dipelajari dan rasa ini wajib dimiliki oleh seluruh manusia.



source(s):
-          Abu Ahmadi, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

-          http://ayuchepe33.blogspot.com/2013/09/task-1-ilmu-sosial-dasar.html

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Flickr