Thursday 27 November 2014

Efek Buruk Penebangan Liar



Seiring berjalannya waktu di dunia globalisasi ini, kerusakan lingkungan adalah hal yang sulit dihindari. Salah satu kerusakan lingkungan yang sering dijumpai adalah, penebangan hutan.
Penebangan hutan atau deforestasi memiliki dampak buruk bagi kita semua. Berikut adalah efek-efek buruknya:
Rusaknya Atmosfer
Pohon yang ditebang tidak akan lagi menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan. Sehingga, karbon dioksida akan terus bertambah dan bercampur dengan gas-gas lain yang dapat menyebabkan rusaknya atmosfer di bumi.
Rusaknya Ekosistem dan Menurunnya Populasi Makhluk Hidup
Hewan-hewan yang tinggal di hutan yang digunduli akan kehilangan tempat tinggal mereka. Juga bagi mereka yang herbivora akan kehilangan sumber makanan mereka sehingga lambat laun populasinya akan menurun.
Pemanasan Global/Globalisasi
Bumi yang makin panas adalah peristiwa globalisasi. Seperti poin yang pertama, globalisasi adalah hasil dari penggundulan hutan. Tercatat 32juta pohon pertahun ditebang dan angkanya akan terus bertambah.
Namun, dampak buruk ini tidak berlaku bagi developer bangunan, pengusaha furnitur, atau pengusaha mebel yang mendapat keuntungan dari menebang pohon.
Solusi
-Gerakan tanam 1000 pohon
Ini akan sangat membantu, mengingat ini adalah pertolongan jangka panjang.
-Gunakan furnitur bukan kayu
Adalah bagus jika furnitur itu adalah kayu, namun ada baiknya jika diganti dengan bahan lain yang ada. Selain menghindari rayap yang akan menggerogoti furnitur anda, anda juga sudah membantu untuk tidak menebang pohon lebih banyak lagi.
-Hemat kertas
Kertas dibuat dari pohon. Menghemat kertas adalah hal yang sangat baik untuk menghindarkan produsen kertas untuk tidak mencetak kertas lebih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Flickr